Berita

KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN BOGOR MENERIMA KUNJUNGAN DARI KOMISI A DPRD KOTA BOGOR



IMG 3432Cibinong. Jumat (22/04) Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bogor menerima kunjungan dari Komisi A DPRD kota Bogor. Rombongan yang diketuai oleh Didin Muhidin dari Fraksi PAN ini, disambut oleh Ketua dan para Anggota KPU Kab. Bogor yang didampingi oleh jajaran Sekretariat KPU Kabupaten Bogor. Kunjungan kerja tersebut membahas tentang Tahapan Pilkada dan konsultasi terkait masalah anggaran Pilkada.  Dalam kesempatan ini Ketua KPU Kabupaten Bogor memaparkan jumlah penduduk, jumlah pemilih, kondisi geografis Kabupaten Bogor serta anggaran Pilkada Kabupaten Bogor Tahun 2018. Terkait pembahasan anggaran pilkada Kabupaten Bogor Tahun 2018,  KPU Kabupaten Bogor sudah berkoordinasi dengan Pemerintah daerah Kabupaten Bogor. Anggaran Pilkada yang diajukan oleh KPU Kabupaten Bogor tersebut berpedoman pada Permendagri Nomor 51 Tahun 2015 Tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 44 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Dana Kegiatan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota. Anggaran tersebut terdiri dari tahapan Pilkada mulai dari perencanaan sampai dengan sengketa. Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor sudah menyiapkan dana cadangan untuk penyelenggaraan Pilkada Kabupaten Bogor Tahun 2018 yang dialokasikan secara bertahap yang tertuang dalam Peraturan Daerah Kabupaten Bogor Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pembentukan Dana Cadangan Penyelenggaraan Pekan Olahraga Daerah Jawa Barat XIII dan Pekan Paralympic Daerah Jawa Barat V Tahun 2018 dan Penyelenggaraan Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati Bogor Tahun 2018. Dalam kunjungan ini diharapkan ada masukan yang dapat dibawa oleh Komisi A DPRD Kota Bogor yang akan dibahas dalam rapat anggaran Pilkada dengan KPU Kota Bogor. Acara ini diakhiri dengan penyerahan Produk Hukum Peraturan- Peraturan yang terkait dengan Anggaran Pilkada dari Ketua KPU Kabupaten Bogor, H. Haryanto Surbakti kepada Didin Muhidin Ketua Komisi A DPRD Kota Bogor. (Mega-Hupmas) IMG 3419


KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN BOGOR MENYEDIAKAN RUANG DESK PELAYANAN INFORMASI PPID



Cibinong. Rabu (20/04) Dalam rangka memberikan pelayanan informasi yang cepat, tepat, dan akurat mengenai data kepemiluan kepada masyarakat, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bogor menyediakan ruang desk pelayanan informasi PPID. Diharapkan dengan fasilitas tersebut, PPID KPU Kabupaten Bogor bisa memberikan layanan lebih baik kepada masyarakat. Help Desk PPID KPU Kabupaten Bogor telah dilengkapi dengan Struktur Organisasi PPID  sesuai dengan Surat Keputusan KPU Kabupaten Bogor Nomor : 16/Kpts/KPU-Kab-011.329971/2015 tentang Struktur Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi di lingkungan KPU Kabupaten Bogor, yang dalam bekerja telah dilengkapi SOP (Standar Operasional Prosedur). Berbagai kelengkapan berupa form informasi publik juga telah tersedia termasuk daftar pencatatan permintaan informasi. Informasi yang dimaksud terbagi dalam tiga kategori yaitu Informasi Publik Serta Merta, Informasi Publik Tersedia Setiap Saat, dan Informasi Publik Berkala yang disusun dalam Daftar Informasi Publik. Bagi pemohon informasi dapat datang secara langsung ke Kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bogor Jl. Tegar Beriman No. 35, Cibinong atau Telp/Fax (021) 87901547 atau email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.. Selain itu bisa juga melalui website www.kpud-bogorkab.go.id yang akan terhubung ke e-PPID KPU Kabupaten Bogor. Waktu pelayanan dibuka pada hari kerja Senin s/d Kamis Pukul (09.00 -15.00), Jumat ( Pukul 09.00 -15.30). (Mega-Hupmas) 

edit fix


Kunjungan Siswa Siswi SMP YPM Megamendung ke KPU Kabupaten Bogor



ypm foto barengCibinong. Selasa (08/03) KPU Kabupaten Bogor menerima kunjungan siswa-siswi sekolah dari SMP Yayasan Pendidikan Megamendung, sebanyak 24 siswa dari kelas 7 dan kelas 8 didampingi oleh Kepala Sekolah SMP Yayasan Pendidikan Megamendung yaitu Yulih Prawira Sumantri, SH dan 6 staf pengajar lainnya. Kunjungan studi ini diterima oleh Komisioner KPU Kabupaten Bogor Mustaqim, S.Sos, Erik Fitiriadi, SH dan Ummi Wahyuni, S.PT didampingi oleh Kasubag Teknis Pemilu dan Hupmas Ferdinando Selmi Pardede, S.IP serta beberapa staf Sekretariat KPU Kabupaten Bogor. Tujuan dilakukannya kunjungan ini adalah sebagai salah satu upaya dalam pengenalan terhadap demokrasi dan sistem Pemilu di Indonesia, dimana hal tersebut juga merupakan salah satu bagian dari kurikulum mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Adapun materi yang disampaikan oleh Kasubag Teknis Pemilu dan Hupmas Ferdinando Selmi Pardede, S.IP yaitu pengertian mengenai Pemilu, Organisasi KPU, syarat-syarat sebagai Pemilih, jenis-jenis Pemilu, dan kerangka sistem Pemilu.Selain penyajian materi tentang kePemiluan, acara ini juga dikombinasikan dengan berbagai games dinamika kelompok. Dengan penyajian materi dan games ini diharapkan para peserta lebih cepat memahami maksud materi yang disampaikan.Acara diakhiri dengan foto bersama dan pemberian hadiah bagi pemenang games dinamika kelompok serta siswa-siswi yang dapat menjawab pertanyaan. (Mega-Hupmas)

 

ypm pemaparan


KPU Kabupaten Bogor Dampingi E-Voting Pemilu Raya SMKN 1 Cibinong



beritapemiluraya1

 

Cibinong,- KPU Kabupaten Bogor kembali melakukan pendampingan ketigakalinya  kepada siswa-siswi Panitia Pemilu Raya  SMKN 1 Cibinong pada hari Senin (25/1).  Komisioner KPU Kabupaten Bogor Mustaqim di dampingi oleh staf Kasubbag Teknis dan Hupmas turun langsung untuk melihat proses Pemilu Raya SMKN 1 Cibinong bertempat di ruangan kelas  yang berlangsung pukul 08.00 – 14.00 WIB. Jumlah pemilih pada Pemilu Raya kali ini adalah sejumlah 1907 orang.  Mereka akan memilih 3 (tiga) orang kandidat Ketua  OSIS yaitu : Eglis Mewania,  Putri Dewi Pelangi Permata Wijaya, dan Khoirul Anam, serta 3 (tiga) orang Ketua MPPK ( Majelis Permusyawaratan Program Keahlian) yaitu : Khima Kholidina Albi, Abdul Mulk Sidqi, dan Dwi Nurisa.

Namun, ada yang berbeda dengan Pemilu Raya kali ini.  Sistem Pemilihan Ketua OSIS dan MPPK ini menggunakan e-voting dengan aplikasi yang diberi nama Pemilu Raya Millenium. Aplikasi ini dibuat oleh 3 (tiga) orang siswa, yaitu : Aldi Putra Dwitama (Kelas 11 Rekayasa Perangkat Lunak 3), Alfarizky (Kelas 11 Multimedia 3) dan Arief Nurrachman (Kelas 11 Teknik Komputer Jaringan) dalam jangka waktu satu bulan.

Pemilih yang dipanggil perkelas mengisi daftar hadir dan mencatat password  yang akan digunakaan pada saat Log-In  pada saat akan memilih di 8 (delapan) set komputer yang dirancang sebagai media E-Voting. Pemilihan berlangsung relatif cepat diakhiri dengan mencelupkan tinta pada jari sebagai tanda telah memilih.

Pembina OSIS SMKN 1 Cibinong Doris Sundari menyatakan “ semoga saja kreativitas anak-anak SMKN 1 Cibinong bisa bermanfaat dimasa yang akan datang, dan kami siap membantu KPU Kabupaten Bogor dalam proses Pemilu yang akan datang, dalam hal tenaga maupun Teknologi Informasi”. (rudi-hupmas)

beritapemiluraya3

beritapemiluraya2


KPU Kabupaten Bogor Terima Kunjungan DPD PKS Kabupaten Bogor



 

beritapks1

Cibinong,-  Rabu (13/01) pukul 14.05 WIB KPU Kabupaten Bogor menerima kedatangan tamu Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera Kabupaten Bogor Agus Salim beserta jajaran pengurus lainnya. Rombongan diterima oleh Komisioner KPU Kabupaten Bogor R. Akhmad Munjin dan Ummi Wahyuni,  Sekretaris  KPU Kabupaten Bogor  Dadang Sulaeman beserta para Kasubbag.

Adapun tujuan kunjunggannya  kali ini adalah untuk bersilahturahmi dan memperkenalkan struktur kepengurusan DPD PKS Kabupaten Bogor yang baru. Dalam kunjungannya Agus Salim menyatakan kesiapannya untuk menyukseskan Pilkada Serentak tahap ketiga yang akan berlangsung 2018 mendatang. Pertemuan berjalan akrab dan penuh kekeluargaan. Setelah menyerahkan Surat Keputusan  DPW PKS Jawa Barat Nomor : 030/SKE/A-PKS/1437  tentang Strutur Dewan Pengurus Daerah Partai Keadilan Sejahtera Kabupaten Bogor Periode 2015-2020 mereka pun berpamitan pulang.

Semoga saja dengan silahturahmi yang telah terjalin akan menjadi modal awal yang baik untuk bersinergi membangun Pemilu yang Luber dan Jurdil di masa yang akan datang. (rudi-hupmas)

 

beritapks2beritapks3


KPU Kabupaten Bogor

Jl. Tegar Beriman No. 35 Cibinong, Bogor
Telpon. 021-87901547, Fax. 021-87901548
Website: www.kpud-bogorkab.go.id

Media Center