Berita

"Cucurak" dan Lepas Sambut Komisioner KPU Kabupaten Bogor



berita 1berita 2berita 3

Cibinong-  Marhaban Ya Ramadhan ....Menjelang  puasa tahun ini, Senin, 15 Juni 2015 KPU Kabupaten Bogor mengadakan acara “Cucurak” dan lepas sambut Komisioner KPU Kabupaten Bogor, yaitu  H.Romli Eko Wahyudi, S .Kh., M.Si yang kini bertugas menjadi Dirut PD. Pasar Tohaga, yang digantikan oleh Drs. R. Akmad Munjin, M.Si (Dosen FISIP UNIDA) di Aula KPU Kabupaten Bogor. 
Acara dimulai dengan sambutan Ketua dan Sekretaris KPU Kabupaten Bogor. Dilanjutkan dengan kata-kata perpisahan dari H.Romli Eko Wahyudi, S .Kh., M.Si. Beliau mengatakan bahwa “saya merasa dibesarkan dan dikenal masyarakat luas karena KPU, sampai saya bertugas sebagai Dirut PD. Pasar Tohaga orang lebih mengenal saya sebagai Komisioner KPU”, lalu bapak tiga anak ini mengucapkan “terima kasih kepada segenap sekretariat KPU Kabupaten Bogor yang dengan dedikasi dan integritasnya telah mensukseskan setiap tahapan Pemilu dan Pilkada dari tahun 2003 sampai Pileg dan Pilpres 2014”.
Drs. R. Akmad Munjin, M.Si merasa bersyukur dapat bergabung dengan keluarga besar KPU  Kabupaten Bogor yang” kondisi daerahnya relatif kondusif”  dan penuh kekeluargaan, beliau mengharapkan bantuan dan kerjasamanya dalam mengemban tugas sebagai Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Data Informasi.
Acara ditutup dengan do’a,  kemudian diteruskan dengan makan-makan bersama. (Rd-hupmas)
 

DISKUSI PUBLIK REVIEW UNDANG-UNDANG PILKADA



IMG 1010Cibinong,- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bogor, Rabu, 10 Juni 2015 menggelar Diskusi Publik Review Undang-Undang PILKADA : Menyoal Implementasi dan Potensi Masalahnya di Aula KPU Kabupaten Bogor.  Tampil sebagai narasumber kegiatan tersebut adalah Dr. Ferry Kurnia Rizkiyansyah, S.IP., M.Si (Komisioner KPU RI), Titi Anggraini (Direktur Eksekutif Perludem), dan H.  Ade Ruhandi, SE (Ketua DPRD Kabupaten Bogor) sedangkan  moderatornya  adalah Erik Fitriadi, SH (Komisioner KPU Kabupaten Bogor). Acara ini dihadiri oleh Pimpinan Partai Politik , unsur pemerintah daerah, LSM, dan Organisasi Kepemudaan/Kemahasiswaan  di Kabupaten Bogor.
Selengkapnya...

KPU KABUPATEN BOGOR "MENYERBU" SMA SE-KABUPATEN BOGOR



foto beritaCibinong, - KPU Kabupaten Bogor telah mengadakan Kegiatan Pemilu Goes To School  dengan mengambil tema : Mencetak Pemilih Cerdas Berkualitas.  Kegiatan ini dillaksanakan pada tanggal 21-28 Mei 2015 di 20 (dua puluh) SMA se-Kabupaten Bogor, yaitu SMAN PGRI Jasinga, SMAN Pasundan Cigudeg, MA Darul Fityan Leuwisadeng, SMAN Pandu Cibungbulang, SMAN 1 Citeureup, SMAN 1 Babakan Madang , SMAN 1 Cibinong, SMAN 1 Sukamakmur, SMAN 1 Megamendung, SMAN 1 Cisarua, SMAN 1 Caringin, SMAN 1 Cigombong, SMAN 1 Tajurhalang, SMAN 1 Bojonggede, SMAN 1 Parung, SMA Yadika Kemang, SMA Bumi Sejahtera Cibungbulang, SMAN 1 Pamijahan, SMA Kornita Dramaga, dan SMA Ibnu Aqil Ciomas.

Kegiatan yang dibiayai dari Anggaran Hibah APBD Tahun 2015 ini menyasar siswa Kelas X-XI, sebanyak 50 orang perwakilan tiap kelas/organisasi siswa di tiap SMA di atas. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman obyektif mengenai Pemilu dan meningkatkan partisipasi  pemilih pemula dalam Pemilu yang akan datang. Bertindak sebagai narasumber kegiatan ini adalah Komisioner dan sekretariat KPU Kabupaten Bogor secara bergiliran yang dibagi dalam 5 (lima) Tim. Adapun materi yang  diangkat mencakup pengertian mengenai Politik dan Pemilu, Kerangka sistem Pemilu, Syarat-syarat pemilih dan Calon Kepala Daerah, Jenis-jenis Pemilu, serta Agenda Pemilu dan Penyelenggara Pemilu.

Pemilu Goes To School  ini dikemas dalam format kegiatan yang menyenangkan bagi siswa SMA dimana didalamnya selain  terdapat pemaparan materi dan diskusi, diselingi oleh ice breaking dan games kepemiluan.  Antusiasme dan daya kritis siswa SMA se-Kabupaten Bogor patut diacungi jempol dengan banyaknya pertanyaan mengenai penyelenggaraan Pemilu dari mulai manajemen logistik sampai sengketa Pemilu di Mahkamah Konstitusi. Pihak sekolah pun berharap kegiatan seperti ini rutin dilakukan setiap tahun.  Dari tahun 2012 KPU Kabupaten Bogor telah menggelar kegiatan Pemilu Goes To School  dengan sasaran SMA/SMK yang berbeda-beda sebagai bukti nyata keseriusan KPU Kabupaten Bogor menjalankan misi KPU: meningkatkan kesadaran politik rakyat untuk berpartisipasi aktif dalam Pemilihan Umum demi terwujudnya cita-cita masyarakat Indonesia yang demokratis. (Rd/Red. FOTO KPU/Hupmas)

Progres Pilkada, KPU Masih Lakukan Verifikasi Admin Balon Perseorangan



diskusi1Jakarta, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengungkapkan bahwa sekarang ini KPU sedang melakukan verifikasi administrasi dan faktual untuk calon perseorangan dalam Pilkada serentah tahun 2015, hal ini perlu dilakukan agar menghasilkan calon perseorangan yang terjamin sesuai dengan ketentuan, Selasa (30/6).

"Jadi calon perseorangan harus dicek kebenarannya, dan ini menjadi penting untuk dikawal bersama untuk dapat menghasilkan calon yang kredibel." ujar Ferry dalam diskusi pers dengan tema Persiapan Pelaksanaan Tahapan Pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan Walikota dan Wakil Walikota di Media Center KPU RI.

Selengkapnya...

Terhadap Temuan 333 M, KPU Terus Tindaklanjuti Rekomendasi BPK



ok 3Jakarta, kpu.go.id- Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dan Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, yang membahas temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait indikasi kerugian keuangan negara sebesar 333 miliar atas pelaksanaan anggaran Pemilu tahun 2013 dan 2014, Sekretaris Jenderal KPU RI, Arif Rahman Hakim mengatakan, KPU akan terus tindaklanjuti rekomendasi BPK, Senin (22/6).

“Kita tentu akan terus menindaklanjuti apa yang menjadi rekomendasi BPK, kita juga sudah memperinci menurut nilainya dan menurut satkernya, ini nanti akan kami sampaikan. Kami sudah berkomunikasi dengan tim BPK, dan BPK juga mempercayai kami. Prinsipnya kami (KPU) akan fokus sesuai dengan peraturan yang berlaku,” jelasnya di kompleks parlemen, senayan.

Selengkapnya...

KPU Kabupaten Bogor

Jl. Tegar Beriman No. 35 Cibinong, Bogor
Telpon. 021-87901547, Fax. 021-87901548
Website: www.kpud-bogorkab.go.id

Media Center