Berita

UNTUK PEMILUKADA 2018 LUBER JURDIL KPU KABUPATEN BOGOR SELENGGARAKAN FGD EVALUASI PEMILU/PEMILUKADA



fb fgd ep1

Cibinong,- KPU Kabupaten Bogor kembali mengadakan FGD (Focused Group Discusion) pada hari Kamis, 27 Agustusi 2015, Jam 10.00 -14.3045 WIB . Diskusi Kelompok Terarah (Focused Group Discusion) kali ini dilakukan dalam rangka Evaluasi Pemilu/Pemilukada di Kabupaten Bogor. Acara ini dihadiri oleh perwakilan Partai Politik Peserta Pemilu 2014 tingkat Kabupaten Bogor ditambah Perindo , Mantan Panwaslu Kabupaten Bogor, Mantan PPK, Pemantau Pemilu, unsur Muspida, akademisi FISIP UNIDA, perwakilan Ormas dan Organisasi Kemahasiswaan.

Acara dibuka oleh  Ketua Divisi Teknis Pemilu  KPU Kabupaten Bogor Drs. R. Akhmad Munjin, M.Si dilanjutkan dengan diskusi yang dipandu secara bergantian  oleh Erik Fitriadi, SH dan Mustaqim, S.Sos. Dalam FGD ini materi yang didiskusikan adalah beberapa Tahapan Pemilu, diantaranya: pemutakhiran data pemilih, pencalonan, dan kampanye. Ada beberapa catatan penting dalam diskusi kali ini : Pertama, dalam tahap pemutakhiran data pemilih. Untuk akurasi DP4 perlu adanya  sinkronisasi daftar pemilih dengan cara kerjasama dan koordinasi dengan Disdukcapil Kabupaten Bogor yang lebih intensif, meminimalisir data ganda dalam data base pemilih, antisipasi mobilisasi warga yang cepat, peningkatan bimtek pada petugas lapangan, peningkatan peran aktif Parpol, waktu penyusunan DPS/DPT  lebih panjang, penyediaan TPS di kampus, dan tantangan dalam DPT Pilbup dan Pilgub 2018.

Kedua, dalam tahap Pencalonan. Pemenuhan dokumen administrasi calon perseorangan  6,5% dalam konteks Kabupaten Bogor sangat memberatkan bagi siapa saja yang akan maju menjadi Bupati Bogor,  untuk itu diusulkan agar berkas dukungan cukup satu yang asli, perlu adanya kerjasama kepala desa dalam permintaan tanda tangan pencalonan perseorangan.

Ketiga, dalam tahap Kampanye. Regulasi harus tegas, jelas dan tanpa multitafsir, kepastian dan ketegasan sanksi dalam kampanye, masih dominannya money politic, pelibatan anak dalam kampanye, dan penggunaan sarana ibadah untuk kampanye, keakuratan dana kampanye, dan waktu pemasangan dan tempat pemasangan alat peraga kampanye harus jelas dan tegas.

Dengan adanya rumusan evaluasi dan masukan dari pemangku kepentingan diatas diharapkan KPU Kabupaten Bogor dapat menyiapkan penyelenggaraan Pemilukada 2018 dengan lebih baik lagi. (Rd-hupmas)

 

fb fgd ep2

fb fgd ep 4

fb fgd ep 5fb fgd ep3


TINGKATKAN PRESTASI KERJA KPU KABUPATEN BOGOR GELAR BIMTEK SDM



fb sdm 1

Cibinong,- Pada hari Rabu, 26 Agustus  2015, Jam 10.00 -14.30 WIB  Komisi Pemilihan Umum Kabupaten  Bogor melaksanakan Bimtek Penyusunan dan Penilaian SKP Serta Teknis Pemberian Tunjangan Kinerja. Narasumber kegiatan ini adalah Kepala bagian Perencanaan dan Pengadaan Biro SDM  Mas Nuer Suesanto, SH dan Kasubag Biro SDM Solikhah, S.Sos., M.Si.  Acara ini dihadiri oleh Komisoner KPU Kabupaten Bogor, Pimpinan dan Staf Sekretariat KPU Kabupaten Bogor, serta perwakilan undangan dari KPU Kota Bogor dan KPU Kota Depok.

Acara diawali dengan sambutan Sekretaris KPU Kabupaten Bogor Drs. Dadang Sulaeman, dilanjutkan  dengan pemaparan materi Bimtek yang terbagi dalam dua sesi. Sesi pertama tentang Sasaran Kerja Pegawai dan sesi kedua tentang Tunjangan Kinerja. Dua materi yang saling berkaitan erat ini diikuti dengan serius dan penuh perhatian oleh seluruh peserta. Diskusi dan tanya jawab berlangsung santai diselengi canda tawa  seputar teknis pengisian dan pengukuran SKP, pencatatan kehadiran, penghitungan tunjangan kinerja, pengurangan tunjangan kinerja, dan teknis pembayaran tunjangan kinerja.

Diharapkan setelah mendapatkan bimtek ini seluruh  pegawai dapat meningkatkan capaian kinerja dan prestasi kerjanya.(Rd-hupmas)

fb sdm3

fb sdm4fb sdm2


KPU KABUPATEN BOGOR “ONTROG” TEMAN RTV



mv2

Cibinong,- Pada hari Kamis, 6 Agustus 2015, Jam 10.30 -12.45 WIB  seluruh Komisioner  Komisi Pemilihan Umum Kabupaten  Bogor didampingi unsur Sekretariat menyambangi Kantor Diskominfo Kabupaten Bogor untuk melaksanakan “Media Visit” ke Radio dan TV TEMAN (Tegar Beriman) dalam rangka silahturahmi dan Pemaparan Program Kerja KPU Kabupaten Bogor Tahun 2015.

Rombongan KPU Kabupaten Bogor  diterima langsung oleh Kepala UPT Radio dan Televisi Siaran Pemerintah Daerah H. Muharom, S.Sos, M.AP.  Beliau menyambut gembira kedatangan Komisioner KPU Kabupaten Bogor beserta  Sekretariat. Diawal pembicaraan ia menceritakan kondisi Radio dan TV TEMAN yang tengah mengurus izin prinsip dari Kementerian  Komunikasi dan Informatika agar bisa sejajar dengan media swasta nasional  yang lebih awal ada , media elektronik yang lebih dikenal dengan   Teman RTV berada di Chanel   95.3 FM tengah berbenah agar jangkauan siarnya bisa lebih luas lagi meliputi seluruh wilayah Kabupaten Bogor.

Ketua KPU Kabupaten Bogor H. Haryanto Surbakti, SH memaparkan Program Kerja KPU Kabupaten Bogor Tahun 2015, diantaranya Pemilu Goes To School, Diskusi Publik Review UU Pilkada, FGD Riset Riset Kesukarelaan Politik Warga (Political Voluntarism), Kajian Pilkada Serentak, Kelas Pemilu dan Stadium Generale tentang Sengketa Pilkada. Ketua juga menjelaskan kesiapan KPU Kabupaten Bogor untuk menyongsong Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bogor Tahun 2018 yang akan dilakukan serentak pada Juni 2018. Beliau mengharapkan terjalin kerjasama intensif antara KPU Kabupaten Bogor dan Teman RTV dalam mensosialisasikan seluruh tahapan Pilkada 2018. Dalam diskusi hangat yang tengah berjalan H. Muharom, S.Sos, M.AP menegaskan kesiapan media eletronik yang dipimpinnya untuk menjaga netralitas dan profesionalitasnya dalam Pilkada yang akan datang.

Setelah diskusi, Ketua KPU Kabupaten Bogor didampingi komisoner lainnya melakukan siaran langsung di Radio dan TV TEMAN mensosialisasikan Program Kerja KPU Kabupaten Bogor Tahun 2015 dan Pilkada  serentak kepada khalayak pendengar seantero Bogor. (Rd-hupmas)

 

 

 

mv1mv3mv4

 


Untuk Pemantauan Pilkada, KPU Bentuk P5



ok 031Jakarta, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI membentuk Pusat Pemantauan dan Pengendalian Penyelenggaraan Pemilihan (P5) untuk kegiatan supervisi perkembangan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2015, Senin (6/7).

“Kami secara intensif melakukan monitoring melalui Pusat Pemantauan dan Pengendalian Penyelenggaraan Pemilihan atau P5. Dengan P5 inilah per hari kami memantau dan supervisi kepada seluruh daerah yang menyelenggarakan Pilkada tahun 2015,” ujar Ketua KPU, Husni Kamil Manik.

Selengkapnya...

Progres Pilkada, KPU Masih Lakukan Verifikasi Admin Balon Perseorangan



diskusi1Jakarta, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengungkapkan bahwa sekarang ini KPU sedang melakukan verifikasi administrasi dan faktual untuk calon perseorangan dalam Pilkada serentah tahun 2015, hal ini perlu dilakukan agar menghasilkan calon perseorangan yang terjamin sesuai dengan ketentuan, Selasa (30/6).

"Jadi calon perseorangan harus dicek kebenarannya, dan ini menjadi penting untuk dikawal bersama untuk dapat menghasilkan calon yang kredibel." ujar Ferry dalam diskusi pers dengan tema Persiapan Pelaksanaan Tahapan Pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan Walikota dan Wakil Walikota di Media Center KPU RI.

Selengkapnya...

KPU Kabupaten Bogor

Jl. Tegar Beriman No. 35 Cibinong, Bogor
Telpon. 021-87901547, Fax. 021-87901548
Website: www.kpud-bogorkab.go.id

Media Center