Berita

KPU KABUPATEN BOGOR GELAR CUCURAK SAMBUT RAMADHAN 1437 H DALAM FORUM SELASA SHARING (SELING) MINGGU KE-4



sharing ke4 5Cibinong. Rabu (01/06) KPU Kabupaten Bogor menggelar acara cucurak sambut Ramadhan 1437 H dalam forum Selasa Sharing (Seling) pada 31 Mei 2016, yang bertempat di Aula KPU Kabupaten Bogor. Cucurak yaitu makan bersama antar kerabat, keluarga, dan sesama rekan kerja menjadi tradisi warga Kabupaten Bogor menjelang datangnya bulan suci Ramadhan. Cucurak telah menjadi budaya di lingkungan KPU Kabupaten Bogor. Dalam kesempatan tersebut dihadiri oleh Sekretaris, Komisioner dan seluruh staf seketariat KPU Kabupaten Bogor. Ketua KPU Kabupaten Bogor beserta Anggota KPU Kabupaten Bogor mengucapkan permohonan maaf menjelang bulan suci Ramadhan 1437 H, semoga jajaran dan staf sekretariat Kabupaten Bogordiberikan kesehatan dalam menjalani puasa tahun ini. Pembahasan diskusi minggu ke-4 dalam forum Selasa Sharing (seling) yaitu membahas tentang aktivitas Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bogor Tahun 2018. Materi Diskusi disampaikan oleh Nursyamsi, S.Kom Staf Subbag Program dan Data. Selain membahas tentang pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih, Kasubag Umum Sumilah, SE mensosialisasikan Keputusan KPU RI Nomor 56/Kpts/Tahun/2016 Tentang Pakaian Dinas Harian Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Sekretariat Jenderal Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia, Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Provinsi/komisi Independen Pemilihan Aceh dan Sekretariat Komisi Pemilihan Umum/Komisi Independen Pemilihan cucurak 4Kabupaten/Kota. (Mega-Hupmas) cucurak 2


RAPAT KERJA PENYUSUNAN RENCANA KEBUTUHAN BIAYA PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI BOGOR TAHUN 2018



IMG 37441 rakerCibinong.KPU Kabupaten Bogor mengadakan rapat kerja dalam rangka penyusunan rencana kebutuhan biaya Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bogor Tahun 2018 bertempat di Safari Lodge Hotel, pada tanggal 10 s.d 12 Agustus 2016. Rapat Kerja ini dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Bogor, H. Haryanto Surbakti, SH yang dihadiri oleh para Anggota Komisioner, Sekretaris, Kasubag dan seluruh staf Sekretariat Kabupaten Bogor. Tujuan diselenggarakan rapat kerja ini adalah untuk menyusun dokumen rencana kebutuhan anggaran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bogor Tahun 2018 yang terperinci, akurat dan komprehensif sesuai dengan ketentuan penyusunan Anggaran Pilkada yang telah telah diatur baik oleh Peraturan Menteri Keuangan (PMK), Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) maupun Keputusan KPU RI. (Mega-Hupmas)


SELASA SHARING “ KPU KABUPATEN BOGOR BEDAH UNDANG-UNDANG NOMOR 10 TAHUN 2016”



sharing 1Cibinong. Rabu (03/08) Selasa Sharing minggu ini membahas Undang - Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas Undang Undang Nomor 1 Tahun 2015 dengan pokok bahasan mengenai Pencalonan. Diikuti oleh seluruh jajaran komisioner dan sekretariat KPU Kabupaten Bogor. Bertindak sebagai pemateri adalah Anggota KPU Kabupaten Bogor, Ummi Wahyuni, S.PT. Beberapa poin-poin penting dalam UU Nomor 10 Tahun 2016 yang dibahas dalam forum Selasa Sharing yaitu sebagai berikut :

  1. Pasal 40A ayat 2 : Dalam hal terjadi perselisihan kepengurusan Partai Politik sebagaimana dimaksud pada ayat (1), kepengurusan Partai Politik tingkat pusat yang dapat mendaftarkan pasangan calon merupakan kepengurusan Partai Politik tingkat Pusat yang sudah memperoleh putusan Mahkamah Partai atau sebutan lain dan didaftarkan serta ditetapkan dengan keputusan menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang hukum dan hak asasi manusia;
  2. Pasal 42 (tentang Pendaftaran Paslon dari Parpol) ayat 5a : Dalam hal pendaftaran paslon sebagaimana dimaksud ayat 5 (catatan : Pilbup Pilwali) tidak dilaksanakan oleh pimpinan Parpol tingkat kabupaten kota, pendaftaran Paslon yang telah disetujui Parpol tingkat pusat dapat dilaksanakan oleh Parpol tingkat pusat.

Sempat terjadi adu argumen dalam pembahasan UU Nomor Tahun 2016 ini, sebagian peserta diskusi menyampaikan beberapa pendapat dalam menafsirkan frasa tersebut dan masing-masing ada beda pendapat. Lebih lanjut Ketua KPU Kabupaten Bogor menekankan bahwa selaku penyelenggara pemilu harus mempunyai pemahaman yang sama dan benar dalam melaksanakan Undang-Undang. Acara ini diakhiri dengan menghasilkan output berupa Daftar Invetarisasi Masalah (DIM) mengenai syarat pendaftaran pasangan calon Pasal 45 Undang- Undang Nomor 10 Tahun 2016. (Mega-Hupmas)sharing 3


PELANTIKAN DAN PENGAMBILAN SUMPAH KASUBAG PROGRAM DAN DATA & KASUBAG HUKUM SEKRETARIAT KPU KABUPATEN BOGOR



UKAR 2Pada hari Kamis, tanggal 21 Juli 2016 bertempat di Ruang Aula Kantor KPU Provinsi Jawa Barat, Sekretaris KPU Provinsi Jawa Barat Heri Suherman, SH melantik pejabat struktural eselon IV untuk mengisi jabatan Kasubag di KPU Kota Bandung, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Bogor. Acara tersebut dihadiri oleh Anggota KPU, Sekretaris dan Pejabat Struktural masing-masing KPU Kabupaten/Kota yang dilantik. Pejabat struktural eselon IV dari Sekretariat Kabupaten Bogor yang dilantik antara lain menetapkan Ir. Ukarman sebagai Kepala Sub Bagian Program & Data, dan Tri Handayani, SH.,M.Si. sebagai Kepala Sub Bagian Hukum.(Mega-Hupmas)UKAR 3


BERITA DUKA : KETUA KPU RI, MENINGGAL KARENA SAKIT



HUSNI KAMIL MANIK OKInnalillahi Wa Inna Illaihi Rajiun, Telah Berpulang ke Rahmatullah Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Husni Kamil Manik pada hari Kamis (7/7) Pukul 21.03 WIB di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) karena sakit. Jenazah dimakamkan di Taman Pemakaman Umum Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Jumat (8/7).

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Sigit Pamungkas menegaskan bahwa Ketua KPU meninggal karena sakit. Hal tersebut Sigit sampaikan dalam Halal bi halal yang diselenggarakan oleh KPU RI Senin (11/7) di Ruang Sidang Utama Gedung KPU.Penyataan Sigit tersebut sekaligus membantah berbagai spekulasi yang berkembang saat ini dimana ada yang mengaitkan wafatnya Ketua KPU dengan pemilu 2014 ataupun hal-hal lain yang berkaitan dengan tahapan penyelenggaraan pemilu 2014. 

“Kita mengikuti apa yang disampaikan oleh dokter rumah sakit, bahwa ini musibah yang tidak ada kaitannya dengan tuduhan-tuduhan yang saat ini berkembang. Itu adalah karena sakit dan karena sakit itu Allah menghendaki Husni Kamil Manik harus menghadap Allah SWT,” tegas Sigit dihadapan komisioner, pejabat dan staf Sekretariat Jenderal KPU RI, serta para komisioner dan pejabat KPU RI yang telah purna tugas. Segenap keluarga besar KPU Kabupaten Bogor turut berbelasungkawa. Semoga amal Ibadah almarhum diterima oleh Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan.


KPU Kabupaten Bogor

Jl. Tegar Beriman No. 35 Cibinong, Bogor
Telpon. 021-87901547, Fax. 021-87901548
Website: www.kpud-bogorkab.go.id

Media Center